Ada atsar yang dikatakan oleh ali bin abi tolib. Man a’rofa nafsaha faqod ‘arofa robbahu. Barang siapa mengenal dirinya, maka sungguh dia mengenal Rabbnya.  Jati diri kita adalah manusia, mahluk ciptaan Allah yang terbaik.
Untuk mengenal Rabb kita, mari renungkan
-          surat At Tiin 5, tentang ahsanu takwim (manusia sebaik-baik ciptaan Allah) Oleh sebab itu gunakan seluruh kebaikan ini untuk bersyukur  terhadap nikmat dar  Allah. Illalladzina amanu, wa amilush soliqati falahum ajruhum ghorum mamnun.
-          Surat fuhilat ayat 33: wa man ahsanu koulam miman da’a ilallah, wa amila solihann, wa kola inni minal muslimin.  Siapa yang paling baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal saleh, dan berkata sesungguhnyha aku termasuk orang yang berserah diri. Manusia termasuk ahsanu qoulan (paling baik dalam berkata/komuinikasi).
-          Surat Al Mulk ayat 2, alladzi qolakolmaut, wal qayata liyabluwakum ahsanu amalan. Wahuwal azizul ghafur. Yang m enjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu siapakah diantara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia maha perkasa lagi maha pengampun.  (ahsanu amalan)
Oleh sebab itu, jadilah diri sendiri, gali potensi yang ada untuk melakukan kebaikan  dalam beramal, berkomunikasi, dan beribadah. Sebab tidak ada satupun yang diciptakan Allah dengan sia-sia. Robbana maa kholaqta haadzaa baathila…

0 comments:

Post a Comment

 
Top